Inilah Fitur-Fitur Ponsel Jadul yang Sangat Canggih Tapi Sekarang Ditinggalkan

Inilah Fitur-Fitur Ponsel Jadul yang Sangat Canggih Tapi Sekarang Ditinggalkan - Hallo sahabat Lihatphone, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Inilah Fitur-Fitur Ponsel Jadul yang Sangat Canggih Tapi Sekarang Ditinggalkan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel info seru, Artikel news, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Inilah Fitur-Fitur Ponsel Jadul yang Sangat Canggih Tapi Sekarang Ditinggalkan
link : Inilah Fitur-Fitur Ponsel Jadul yang Sangat Canggih Tapi Sekarang Ditinggalkan

Baca juga


Inilah Fitur-Fitur Ponsel Jadul yang Sangat Canggih Tapi Sekarang Ditinggalkan

Lihatphone - Fitur jadul yang kini menghilang cukup banyak. Makin canggihnya teknologi di bidang informasi dan telekomunkasi membuat masyarakat semakin dimanjakan oleh mudahnya melakukan komunikasi dengan jarak yang jauh. Bahkan, saking berkembang pesatnya teknologi saat ini, Telfon yang awalnya digunakan untuk berkomunikasi lintas kawasan atau dengan jarak yang berjauhan sekalipun mengalami perkembangan yang sangat signifikan dari waktu-kewaktu hingga menjadi tefon genggam seperti yang banyak dari kita gunakan saat ini.



Bicara mengenai telfon genggam, ternyata perkembangan teknologi dari waktu-kewaktu membuat fitur alat telekomunikasi ini kian berkembang dan semakin canggih. Terbukti dari yang awal mulanya hanya digunakan sebagai alat telekomunikasi, fungsi dari telfon genggam saat ini dapat dikatakan telah menyamai spesifikasi komputer yang biasanya digunakan untuk membantu sebuah pekerjaan.

Dalam sejarah perkembangan dari ponsel genggam hingga menjadi ponsel pintar seperti saat ini (smartphone) ternyata meninggalkan beberapa cerita yang cukup menarik. Ternyata, dari perkembangan smartphone yang saat ini kian canggih, terdapat beberapa fitur yang dulu sangat hits dan terkenal kini ditinggalkan bahkan menghilang.

Nah, untuk mengetahu fitur apa saja yang hilang tersebut, mari simak ulasan berikut ini yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Flip Phone (Ponsel Lipat)

Pada masanya, ponsel lipat sangat hits dan terkenal. Tak hanya itu, pengguna dan peminat ponsel lipat yang sangat besar membuat ponsel ini di banderol dengan harga yang sangat mahal. Flip Phone atau ponsel lipat yang paling terkenal awalnya adalah Motorola StarTac. Motorola StarTac ini dirilis pada tahun 1996 dan merupakan salah satu ponsel paling keren pada masanya. Perangkat inilah yang dalam kalipoertama memperkenalkan pada masyarakat dunia mengenai konsep Flip Phone atau ponsel yang bisa dilipat, dimana layar dan keyboar pada ponsel ini terhubung melalui engsel yang terdapat pada sudut ponsel dan sekaligus digunakan sebagai penyatu dari dua bagian perangkat komunikasi ini.

Namun begitu, meskipun terkenal pada masanya sebagai ponsel keren dan sangat digandrungi masyarakat pada saat itu, kini fitur Flip Phone akhirnya mengholang dan digantikan dengan fitur yang lebih efisien pada ponsel di saat ini. Era kejatuhan trend ponsel lipat ini diawali dengan diluncurkannya handphone dengan konsep keypad "QWERTY". setelah beberapa tahun menjadi trend, akhirnya posisi ponsel lipat benar-benar menghilang seiring datangnya smartphone yang merupakan ponsel pintar dengan kemampuan setara komputer namun bisa dibawa kemana mana bahkan tanpa menggunakan keypad karena untuk mengaksesnya, para pengguna cukup mengunakan jari di layarnya.

Baru-baru ini motorola sang perilis StarTac merilis video teaser ponsel terbaru yang bertujuan untuk mengajak para pengguna untuk bernostalgia. Mungkin kah ini upaya pihak Motorola untuk membangkitkan kembali era Flip Phone?


2. Radio FM

Sebelum adanya era MP3 player yang tertanam di dalam ponsel multi media saat ini, para pengguna ponsel cukup terhibur dengan adanya ftiur radio FM yang terdapat didalam ponsel-ponsel pada era 2000-an. Namun sepertinya hal ini tak berpengaruh besar pada minat pengguna teknologi hingga akhirnya tersisihkan seperti saat ini.

Bahkan, ada salah satu raksasa teknologi yang sama sekali tak pernah berminat untuk menanamkan fitur radio FM di dalam perangkat mereka, perusahaan tersebut adalah Apple. Ya, Apple sama sekali tak pernah tertarik untuk menyematkan fitur radio FM di perangkat mereka hingga saat ini karena dianggap tak terlalu berpotensi untuk menarik minat masyarakat.

Seolah mengikuti jejak Apple, Samsung sang pesaing utama dari Apple pun ikut-ikutan menghilangkan fitur radio FM di perangkat mereka. Samsung diketahui tak lagi menyediakan fiturradio FM di perangkat mereka saat kompotan GALAXY S di perkenalkan, khususnya Galaxy S3 pada tahun 2012 yang lalu.

Walaupun demikian, masih ada juga vendor yang menyediakan fitur radio FM di perangkat smartphone produksi mereka, seperti seperti Sony Xperia Z5 serta Huaey Mate8 contohnya. Tetapi ada juga yang ternyata memang masih menyimpan fitur radio FM ini hanya saja disembunyikan. Hal ini terbukti pada perangkat Galaxy S7 di wilayah Amerika Serikat, perangkat radio FM tiba-tiba muncul setelah mendapatkan update terbaru dari Samsung.

3. Web OS

Apakah kamu masih ingat dengan Palm? Palm adalah mantan dari raja Personal Digital Assistant (PDA) sebelumnya pernah merilis sistem operasi Web OS untuk menjadi salahsatu senjata andalah dari prangkat besutan mereka, yaitu Palm Pre.

Namun begitu, sungguh sangat disayangkan karena karena meski memiliki desain yang sangat bagus dan handal dikelasnya, serta memperkenalkan beberapa inovasi baru seperti Interface Card, tak menjadi penjamin perangkan tersebut akan menuai kesuksesan. Fitur Interface yang belakangan diketahui di ikuti oleh Google tersebut tak bisa mencapai puncak kesuksesan. Web OS terjerembab kejurang kegagalan karena kalah bersaing dengan Android dan iOS.

4.  Keyboard Geser

Salah satu dari sekian banyak fitur canggih posel yang kini menghilang di dunia adalah fitur Keyboard geser. Ya, fitur keyboard qwerty yang awalnya dirilis oleh smartphone Android pertama yaitu HTC Dream ini berada dibalik layar. Keadaan fitur ini memang sengaja seoalah tersembunyi namun bisa dibuka dengan cara slide out.

Awalnya fitur slide out ini banyak diikuti oleh beberapa produsen ponsel dunia saat itu seperti Samsung, Nokia dan Motorola. Namun seiring berjalannya waktu, fitur ini ditinggalkan oleh para vendor karena dinilai tak se-fleksibel menggunakan touchscreen atau layar sentuh.

Hingga saat ini diketahui, produsen yang masih menggunakan fitur jadul ini hanyalah Blackberry. Sepertinya Blackberry masih setia menggunakan model slideout ini entah sampai kapan. Hal ini terbukti dari model Android pertama yang dirilis oleh Blackberry yaitu Priv diketahui masih menggunakan teknologi Slide out dibalik layar touchscreen nya.

 5. Fitur Proyektor Terintegrasi

Layar smartphone yang tidak seberapa besar menghalangi pengguna menikmati konten multimedia. Bagaimana cara memperbesar bidang tampilan tanpa ikut mendongkrak ukuran fisik? Benamkan saja proyektor terintegrasi! Beberapa produsen seperti Samsung (Galaxy Beam) dan LG (Expo) sempat menjajal ide ini beberapa waktu lalu.

Namun cukup cisayangkan, meskipun sempat menarik perhatian banyak pengguna teknologi kala itu, proyektor terintegrasi di ponsel ternyata tak cukup pamor untuk diminati. Para produsen rupanya belum menemukan cara untuk menyertakan proyektor berkualitas tinggi dengan harga terjangkau di ponsel.

6. Teknolgi Infrared Blaster

Ingat abagaimana cara kamu bertukar data atau mengendalikan alat elektronik lain di tahun 2000-an? Dengan menambah infrared (IR) blaster, ponsel anda bisa mengendalikan berbagai perangkat elektronik lain yang dilengkapi receiver IR, seperti pemutar DVD dan televisi. Praktis bukan?

Namun demikian, meski dipandang menarik dan banyak disertakan oleh pabrikan ponsel sejak pertengahan dekade lalu, IR Blaster ternyata jarang dipakai oleh pengguna. Beberapa model flasghip terbaru seperti Galaxy S7 dan HTC 10 sudah tidak menyertakan fitur yang satu ini. Begitu juga dengan iPhone yang memang tak pernah dilengkapi IR Blaster.

7. Laptop Dock

Sekitar tahun 2011, Motorola melalui Motorola Atrix yang dipasarkan saat itu memiliki fitur pendamping yang cukup unik dan menarik, yakni sebuah laptop dock yang tersambung ke ponsel melalui sebuah kompartemen khusus. Ponsel pun bisa disulap menjadi laptop, lengkap dengan layar lebar dan papan ketik.

Ternyata ide serupa juga diterapkan oleh pabrikan lain, misalnya Asus lewat seri PadFone. Sayang, harga aksesori laptop dock relatif mahal dan hampir sebanding dengan tablet atau laptop murah yang berdiri sendiri. Namun konsep laptop dock belum sepenuhnya menghilang. Belakangan, beberapa perusahaan telah menyempurnakan dan menerapkan kembali ide ini, seperti Microsoft dengan Windows 10 Display Dock.

8. Fitur TrackBall

Sebelum layar sentuh atau touchscreen dikenal seperti saat ini, trackball pernah menjadi pointing device andalan yang banyak dipakai, terutama di ponsel-ponsel pintar besutan BlackBerry. Layaknya mouse di komputer, alat berupa bola kecil ini bisa digulir-gulir untuk menggerakkan kursor di tampilan antarmuka ponsel. Smartphone Nexus One dulu juga sempat menyertakan trackball yang terletak persis di bawah touchscreen. 

Namun ternyata, semakin hari trackball yang dulu dikenal sering macet karena penumpukan debu dan kotoran ini terganti oleh trackpad, piranti serupa touchpad pada notebook, tapi lebih kecul. Sekarang, baik trackball maupun trackpad sudah terganti oleh touchscreen.

Baca Juga:



Demikianlah Artikel Inilah Fitur-Fitur Ponsel Jadul yang Sangat Canggih Tapi Sekarang Ditinggalkan

Sekianlah artikel Inilah Fitur-Fitur Ponsel Jadul yang Sangat Canggih Tapi Sekarang Ditinggalkan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Inilah Fitur-Fitur Ponsel Jadul yang Sangat Canggih Tapi Sekarang Ditinggalkan dengan alamat link https://lihatphone.blogspot.com/2016/09/inilah-fitur-fitur-ponsel-jadul-yang.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel