KESALAHAN FATAL DALAM NGECAS HP YANG HARUS KAMU TAU

KESALAHAN FATAL DALAM NGECAS HP YANG HARUS KAMU TAU - Hallo sahabat Lihatphone, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul KESALAHAN FATAL DALAM NGECAS HP YANG HARUS KAMU TAU, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel baterai, Artikel smartphone, Artikel Tips, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : KESALAHAN FATAL DALAM NGECAS HP YANG HARUS KAMU TAU
link : KESALAHAN FATAL DALAM NGECAS HP YANG HARUS KAMU TAU

Baca juga


KESALAHAN FATAL DALAM NGECAS HP YANG HARUS KAMU TAU

Lihatphone . KESALAHAN FATAL DALAM NGECAS HP YANG HARUS KAMU TAU. Banyak hal yang mesti diperhatikan oleh orang yang ingin membeli HP baru maupun bekas. Diantaranya adalah spesifikasi dapur pacu seperti RAM, ROM, memori Internal, processor, hingga chipset. Adapula yang memang memperhatikan kemampuan dan fitur kamera, ruang penyimpanan, konektifitas dan yang paling sering dilihat oleh orang saat ini adalah daya tampung energy alias baterai.



Dengan banyaknya aplikasi dan game yang bermunculan, tren penggunaan HP pun berubah. HP yang dulu hanya digunakan sebagai alat komunikasi pun kini beralih fungsi hingga dapat dikatakan sebagai pengganti komputer dalam membantu aktifitas pekerjaan.
.
Penggunaan HP yang semakin intens, seperti untuk bermain game dan streaming film, membuat kita mencari HP yang memiliki kapasitas besar, tahan lama, dan fitur fast charging yang semakin kencang.

Semakin sering kita menggunakan HP, pastinya baterai akan lebih cepat habis. Nah, ketika baterai habis, saatnya kamu menyiapkan charger untuk mengecas HP kamu.
Namun, ternyata cara ngecas HP kamu selama ini salah lho. Mau tau salahnya di mana? Yuk, simak artikel berikut ini!

KESALAHAN PALING DASAR DALAM NGECAS HP

Ketika mengecas baterai, terkadang kita seringkali ketiduran dan membiarkan HP kita ngecas semalaman. Tentunya menyenangkan jika baterai terisi penuh ketika bangun tidur.
Meskipun kini HP sudah dilengkapi dengan AI (Artificial intelligence) canggih yang bakal memutus aliran listrik ketika kapasitas baterai mencapai 100%, namun hal ini nggak boleh sering-sering kamu lakukan,

AI tersebut berguna untuk mencegah korsleting pada baterai HP yang bisa mengakibatkan HP meledak seperti kasus beberapa tahun lalu. Menurut penelitian para ahli, kebiasaan ngecas HP semalaman bikin umur baterai kamu menjadi pendek. Ketika kamu membiarkan baterai HP-mu 100% terlalu lama, kamu bakal mempercepat usia baterai Lithium-Ion pada smartphone.

Apalagi, baterai smartphone masa kini sudah menyatu dengan mesin, sehingga kamu nggak bisa leluasa mengganti baterai yang rusak seperti zaman dahulu.
Kamu pasti nggak mau, dong, punya HP dengan baterai yang boros alias bocor? Lagi keadaan darurat tiba-tiba HP kamu baterainya habis.

Fokus lagi ke bahasan kita tentang kesalahan ketika ngecas Hp. Baterai Lithium-Ion yang sudah usang akan mulai berkurang efisiensinya dalam menyimpan dan menyalurkan daya ke smartphone-mu.
Nggak cuma makhluk hidup, benda mati pun memiliki usia. Bagaimanapun cara kamu ngecas, masa hidup baterai kamu akan tetap berkurang.
Meskipun begitu, kamu tetap punya andil dalam menentukan seberapa cepat baterai HP kamu akan menua,lho. Semua kembali lagi ke kamu sendiri.

PRODUSEN SENGAJA TIDAK MEMBER TAHU KESALAHAN DALAM NGECAS HP

Sudah banyak penelitian yang membuktikan kalau ngecas HP semalaman sambil ditinggal tidur itu nggak baik, namun produsen HP nggak pernah sekalipun memberi kita peringatan mengenai hal tersebut. Namanya juga penjual, mereka bakal mencari akal agar produknya terus laku dibeli konsumen. Oleh karena itu, mereka nggak pernah memberi tahu bahaya dari ngecas HP semalaman.

Dengan berkurangnya rentang hidup baterai smartphone kamu, semakin sering juga kamu akan membeli HP baru. Siapa lagi yang paling diuntungkan dari hal tersebut?
Memang, sih, sejauh ini belum ada penelitian lebih lanjut mengenai seberapa cepat pengisian baterai yang salah dapat memengaruhi usia baterai.
Hal ini mungkin nggak terasa jika kamu membeli HP setiap setahun atau dua tahun sekali. Namun jika kamu jarang ganti HP dan tiba-tiba baterai kamu boros banget, mungkin kamu salah ngecas.

TIPS NGECAS HP YANG BAIK

Terdapat beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk ngecas HP secara optimum sekaligus memperpanjang usia baterai HP kamu.

  • Yang pertama tentu saja jangan ngecas HP kamu semalaman. Meskipun paginya baterai kamu akan terisi penuh, namun hal ini cukup berbahaya bagi baterai dan diri kamu sendiri.
  • Ketika kamu berencana untuk nggak menggunakan HP tersebut selama beberapa lama, jangan isi daya baterai hingga 100%. Usahakan kapasitas baterai berada di 30% - 50% untuk memperpanjang usia baterai. Selain karena baterai Lithium-ion nggak bisa lama-lama terisi 100%, kapasitas baterai bakal awet ketika berada di 30% - 50%.
  • Meskipun begitu, nggak dianjurkan untuk ngecas baterai HP yang kamu gunakan sehari-hari cuma 30% - 50% saja. Selain bikin kamu ngecas terus-terusan, hal ini juga bisa merusak charger kamu.
  • Daripada kamu ngecas HP semalaman, lebih baik cas di pagi hari ketika kamu bangun tidur. Baterai akan terisi sembari kamu menyiapkan diri untuk berangkat sekolah, kuliah, atau bekerja.
  • Pilihlah HP yang sudah memiliki teknologi Fast-Charging supaya kamu nggak perlu menunggu lama dan ketiduran ketika ngecas HP.
Nah, itu tadi adalah ulasan lengkap seputar kesalah dalam ngecas HP sehingga membuat baterai kamu jadi tidak awet dan mudah rusak. Untuk kasus yang lebih lanjut, kerusakan pada baterai bisa membuat hp kamu dalam bahaya. Ini sesuai dengan saran dari para teknisi ponsel pintar, karena baterai yang rusak jika dibiarkan berlarut akan merambah kepada IC Power yang nantinya akan berpengaruh terhadap daya tahan dan daya tampung baterai kamu. 

Pada kasus lain, bahkan kerusakan pada baterai bisa mengakibatkan kalian dalam bahaya lho. Ini dikarenakan sudah terjadi beberapa kasus mengenai meledaknya sebuah smartphone yang sedang dilakukan pengisian atau sedang di cas. Sekian dulu ya artikel dari kami, semoga membantu.




Demikianlah Artikel KESALAHAN FATAL DALAM NGECAS HP YANG HARUS KAMU TAU

Sekianlah artikel KESALAHAN FATAL DALAM NGECAS HP YANG HARUS KAMU TAU kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel KESALAHAN FATAL DALAM NGECAS HP YANG HARUS KAMU TAU dengan alamat link https://lihatphone.blogspot.com/2020/01/kesalahan-fatal-dalam-ngecas-hp-yang.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel