6 Cara Mudah Mencegah Hard Disc Rusak Atau Bad Sector dengan Mudah dan Simpel

6 Cara Mudah Mencegah Hard Disc Rusak Atau Bad Sector dengan Mudah dan Simpel - Hallo sahabat Lihatphone, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 6 Cara Mudah Mencegah Hard Disc Rusak Atau Bad Sector dengan Mudah dan Simpel, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tips, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 6 Cara Mudah Mencegah Hard Disc Rusak Atau Bad Sector dengan Mudah dan Simpel
link : 6 Cara Mudah Mencegah Hard Disc Rusak Atau Bad Sector dengan Mudah dan Simpel

Baca juga


6 Cara Mudah Mencegah Hard Disc Rusak Atau Bad Sector dengan Mudah dan Simpel

Lihatphone - Komputer atau laptop saat ini memang menjadi alat vital bagi apra pekerja dan pegawai. Bahkan, beberapa waktu belakangan ini, laptop dan komputer tak hanya jadi sarana untuk membantu para pegawai dalam melakukan pekerjaan, namun juga menjadi media hiburan tersendiri bagi para pecinta game.



Nah,dari komponen komputer dan laptop sediri memang terkenal sangat kompleks dan banyak. Dari semua komponen tersebut, merupakan pendukung bagi komponen yang satu dengan komponen yang lainnya. Nah, kebayangkan bagaimana jika salah satu komponen saja yang rusak, terutama Hard Disc sebagai media penyimpanan utama dalam sebuah komputer.

Hard Disc memang terkenal sangat rentan mengalami kerusakan, itulah sebabnya sangat penting untuk menjaga kondisi Hard Disc tetap baik dan benar agar kinerja komputer tidak terganggu. Karena file penting seperti sistem operasi yang kamu gunakan dalam komputer dan laptop semuanya tersimpan dalam Hard Disc, sehingga apaila Hard Disc yang terdapat dalam komputer tersebut mengalami kerusakan atau Bad Sector, maka bisa dipastikan komputer kamu tidak akan bisa berfungsi.

Cara untuk mencegah terjadinya Bad Sector sendiri sebenarnya cukup mudah, kamu bisa ikuti cara-cara dibawah ini untuk mencegahnya. Cara mencegah agar Hard Disc tidak mengalami Bad Sector ini bisa kamu implementasikan tanpa harus ribet.

1. Selalu mematikan Komputer Dengan Cara Shut Down
Apabila kamu sudah selesai dengan kegiatan kamu pada komputer atau laptop, kamu WAJIB mematikan komputer kamu dengan cara Shut Down, Hal ini dikarenakan kondisi jarum pembaca piringan tipis pada Hard Disc akan tetap berada di tengah saat kamu mematikan komputer atau laptop dengan cara tiba-tiba.

2. lakukan Defrag secara Rutin dan Berkala
Ketika kamu membongkar file di dalam komputer atau laptop kamu, kamu bahkan ketika kamu borwsing di  internet dengan menggunakan web browser, maka file yang sedang berjalan atau kamu buka akan terpecah-pecah. Nah, disinilah peran Defrag berlasngung. Kamu harus melakukan Defrag pada Hard Disc kamu agar performa dari Hard Disc kamu kembali kencang dan tidak menemui kendala yang berarti.

3. Melakukan partisi pada Hard Disc
Ketika melakuka instalasi sistem operasi di laptop aau komputer kamu, kamu akan mendapati perintah untuk membagi partisi kamu menjadi beberapa bagian. Hal ini ditujukan untuk memisahkan antara ruang pengendalian atau proses sistem dengan ruang penyimpnanan data umum. Selain itu, hal ini secara tidak langsung juga di tujukan untuk mencegah file yang tidak di inginkan dari ruang penyimpnanan menginfeksi ruang pengoperasian sistem. Jaga dan perhattikan ruang penyimpanan kamu agar tidak penuh, karena ruang penyimpanan yang penuh akan menjadikan kinerja Hard Disc kamu menjadi lambat dan tidak baik untuk keadaan Hard Disc tersebut jika terus seperti itu.

4. Hindarkan Dari Benturan dan Guncangan
Seperti diketahui, Hard Disc memang memiliki cover yang cukup kuat, hal ini di tujukan agar Hard Disc tidak mendapatkan guncangan atau benturan yang bisa membuat disc di dalamnya lecet atau tergores. Inilah sebenarnya hal utama yang bisa menyebabkan Bad Sector pada Hard Disc.

5. Jangan menggunakan Laptop diatas Kasur atau benda yang bisa menampung panas.
Demi menjaga kebaikan Laptop atau komputer kamu, sebaiknya hindari penggunaan di atas kasur, bantal, atau benda yang bisa menampung panas. Hal ini akan berdampak buruk mengingat Laptop yang memiliki rongga udara sebagai saluran keluarnya panas yang sebelumnya ditiup oleh kipas di dalam tidak keluar. Kipas berfungsi untuk mengeluarkan panas dari rongga-rongga kecil yang terdapat dalam laptop kamu akibat panas yang dihasilkan oleh chipset dan processor agar tidak mengganggu kinerja Hard Disc dalam mebaca data.

6. Jangan Sampai terinfeksi Virus
Hal ini juga harus diperhatikan. Jangan biarkan Laptop atau komputer kamu terinfeksi oleh virus. Segera atasi virus yang mengganggu kinerja komputer. Virus tak hanya bisa mengganggu sistem saja, namun beberapa virus tertentu juga bisa membuat Hard Disc kamu mengalami Bad Sector karena proses data tanpa akhir yang dijalankan oleh virus dan membuat Hard Disc bekerja melebihi ambang batas kemampuannya.

Nah, itu tadi adalah 6 tips untuk menghindarkan Hard Disc dari Bad Sector. Semoga bisa berguna bagi kamu yang beraktifitas dengan menggunakan Laptop atau Komputer.

Baca Juga:

5 Cara mengetahui Apakah Akun Kita Diretas Atau Tidak, Ayo Cek Sebelum Terlambat

Cara Downgrade Android dari Marsmellow ke Lolipop yang Benar Tanpa Kehilangan Data

Tahu kah Kamu Sebenarnya Antivirus di Smartphone Hanya Menjadi Beban?

Cara Menghapus Malware Di Android Dengan Sangat Mudah

5 Aplikasi yang Lebih Baik Cepat Kamu Lenyapkan Dari Smartphone


Demikianlah Artikel 6 Cara Mudah Mencegah Hard Disc Rusak Atau Bad Sector dengan Mudah dan Simpel

Sekianlah artikel 6 Cara Mudah Mencegah Hard Disc Rusak Atau Bad Sector dengan Mudah dan Simpel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 6 Cara Mudah Mencegah Hard Disc Rusak Atau Bad Sector dengan Mudah dan Simpel dengan alamat link https://lihatphone.blogspot.com/2016/12/6-cara-mudah-mencegah-hard-disc-rusak.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel